January 29, 2008

Business MLM

Gw sebenernya salut dengan teman2 yang berusaha nambah pendapatan (atau untuk nambah pengeluaran ya?) dengan join bisnis ini. ULET. Itulah kesan yang pertama kali muncul.

Cuma terus terang belakangan ini, gw merasa terusik dengan salah satu jaringan MLM yang berusaha membuat gw join dengan cara yang “kurang terbuka”, lalu secara tidak langsung “memaksa” kita untuk mengkonsumsi (not to sell) produk-produknya, dan lebih jauh lagi berusaha menstandardkan mimpi2 dan cita2 yang selayaknya dimiliki oleh manusia dengan barometer perolehan materi. Jujur aja, (1) gw kurang cocok dengan konsep passive income; gw ingin tetap memiliki kegiatan rutin yang menyenangkan dan tentu saja menghasilkan income, (2) gw ga berminat punya banyak waktu untuk keluarga karena itu akan membuat waktu mereka terbebani untuk gw nantinya, (3) gw ingin leluasa dalam memutuskan merk barang yang ingin gw beli dan konsumsi tanpa ada beban apapun, dan (4) sayangnya gw ga punya mimpi dan cita-cita yang memenuhi standard kelayakan mimpi dan cita-cita milik sistem network MLM ini.

Kenapa gw bilang caranya “kurang terbuka”?
Karena di awal undangan tidak akan disebutkan jelas bahwa ini adalah pertemuan yang berkaitan dengan “A”.

Namun demikian, kalau kalian beruntung, kalian akan segera mengetahuinya di akhir acara. Begitu juga dengan gw, karena begitu semua presentasi telah selesai, gw dikenalkan dengan seseorang yang nampaknya pernah gw liat di salah satu pertemuan sejenis ini dua tahun yang lalu!! He was a big clue for me. It must be "A".

Jadi, bukannya gw anti 'A", ini cuma saran temen2 yang sudah join MLM ini, sekedar saran, apa salahnya sih memberikan info yang gamblang sewaktu kalian mengundang teman atau relasi yang kalian anggap berpotensial, berikan orang lain kesempatan untuk menilai apakah waktunya layak digunakan untuk menghadiri seminar-seminar bisnis kalian. Gw pikir keterbukaan kalian di awal komunikasi merupakan suatu nilai tersendiri lho. Demikian.

Salam.

1 comment:

Unknown said...

i totally agree with you. I have been a victim of MLM too many times.

MLM is only good for the people who are at the top (who set it up!)